Wednesday, December 20, 2017

Kolesterol Baik

Sebagian beasar orang ketika mendengar kolesterol identik dengan penyakit jantung dan stroke. Padahal tubuh kita membutuhkan kolesterol yang berfungsi untuk meegenerasi sel – sel baru pada tubuh kita. Pada tubuh kolesterol berfungsi sebagai pembentuk vitamin D, sejumlah hormon, serta asam ampedu yang mampu mencerna lemak. Tetapi jika kolesterol terlalu banyak pun kadarnya tidak baik untuk kesehatan. Di dalam darah, kolesterol dibawa oleh protein yang keduanya bergabung membentuk lipoprotein. Lipoprotein ini memiliki kepadatan yang rendah (LDL) atau yang di sebut kolesterol jahat dan juga lipoprotein dengan kepadatan tinggi (HDL) atau disebut sebagi kolesterol baik.
LDL dan HDL memiliki fungsi masing – masing. LDL berfungsi untuk mengangkut kolesterol dari hati ke organ – organ yang dibutuhkan. Sedangkan HDL bertugas untuk mengangkut kolesterol dari organ – organ tubuh ke hati kembali. Kadar HDL dan LDL pada tubuh haruslah seimbang agar tubuh tetap sehat. Jika LDL lebih banyak kandungannya dari pada HDL menyebabkan terserang penyakit seperti jantung atau stroke. Banyak sekali makanan yang kita konsumsi mengadung lemak jenuh dan lemak trans yang memicu LDL meningkat. Agar tetap seimbang, kita harus mengonsumsi makanan – makanan yang mampu meningkatakan kadar HDL kembali. Adapun makanan – makanan yang mampu meningkatkan kadar HDL diantaranya:
1.       Memilih lemak yang sehat
Saat mengonsumsi makanan, pilihlah makanan yang mengandung lemak tak jenuh. Karena lemak ini tak akan mampu meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Makanan yang bisa ditemukan yaitu daging merah dan produksi susu. Tapi bukan berarti anda anti terhadap lemak jenuh, Karena setiap hari kita membutuhkan tujuh persen makanan yang mengandung lemak jenuh.
2.       Hindari lemak trans
Lemak trans lebih baik untuk dihindari. Karena adanya lemak trans mampu meningkatkan kolesterol yang jahat pada tubuh kita. Biasanya lemak trans di peroleh di makanan yang di goreng – goreng, biskuit, dan juga cemilan – cemilan pedas yang membahayakan tubuh kita.


EmoticonEmoticon