Saturday, April 21, 2018

Bagi seorang ibu hamil harus benar-benar diperhatikan Kebutuhan nutrisi ibu hamil . Bahkan hal ini merupakan suatu keharusan. Tujuannya untuk selalu menjaga kesehatan dan perkembangan bayi yang ada di dalam kandungan. Pemenuhan nutrisi ibu hamil salah satu diantaranya adalah dengan cara mengkonsumsi buah-buahan yang menyehatkan.   





Tidak hanya buah-buahan saja, namun ibu hamil diwajibkan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, zat kapur, zat besi, fosfor, lodium, dan vitamin guna memenuhi kebutuhan nutrisi. 

Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil harus benar-benar dijaga. Ada larangan untuk ibu hamil mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi mikroorganisme. Seperti halnya listeria yang akan menyebabkan keguguran atau keracunan darah, coli yang dapat merusak usus dan ginjal, dan juga hindari mengkonsumsi telur dan daging yang masih mentah.  

Kekurangan nutrisi pada ibu hamil akan menyebabkan gangguan pada ibu dan anak. Untuk itu, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan wajib memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan.
Berikut adalah beberapa makanan yang banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. 

Kacang-kacangan
Alasan ibu hamil disarankan mengkonsumsi kacang-kacangan adalah karena dalam kacang mengandung protein yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Disamping meningkatkan zat besi, kacang-kacangan juga bisa membantu mengurangi resiko sembelit.
Jika ada, konsumsilah kacang yang kulitnya berwarna coklat karena mengandung serat tinggi. Untuk menghindari kalori dan lemak yang tinggi jangan menyajikan kacang yang di goreng atau dilapisi zat lain.  

Bayam
Pada trimester pertama asam folat sangat dibutuhkan untuk pembentukan tabung saraf bayi. Untuk itu, nutrisi ibu hamil harus dijaga bahkan dimulai sejak sebelum masa kehamilan. Pada bayam mengandung asam folat yang akan membantu mengurangi resiko cacat lahir pada bayi. Disamping itu zat besi yang ada pada bayam berfungsi untuk mencegah anemia pada ibu hamil.  

Asparagus
Sayuran ini sangat baik untuk ibu hamil karena kaya akan vitamin D di dalamnya. Asparagus mengandung asam folat yang berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung. Bahkan juga bisa membantu menjaga sistem pencernaan hanya dengan mengkonsumsi asparagus. 

Brokoli
Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan zat besi. Oleh karena itu sayuran ini sangat penting sebagai asupan kebutuhan nutrisi ibu hamil. Sel darah merah pada bayi terbentuk melalui peran dari zat besi. Juga bisa membantu mencegah anemia pada ibu hamil. Apabila ibu hamil mengalami kurang darah maka akan muncul tanda-tanda seperti lemas, cepat lelah, dan mudah marah. 

Jeruk
Dengan mengkonsumsi jeruk, ibu hamil akan mendapatkan asupan vitamin C serta asam folat yang cukup. Jadi jeruk merupakan buah yang sangat direkomendasikan kepada ibu hamil. Di atas telah dijelaskan bahwa asam folat akan membantu mengurangi resiko bayi lahir cacat. 

Telur
Telur merupakan sumber vitamin D disamping mengandung protein. Hal ini sama manfaatnya seperti susu ibu hamil. Vitamin D yang terkandung pada telur bersama dengan kalsium akan membentuk tulang bagi bayi serta yang tak kalah penting adalah mempertahankan kepadatan tulang ibu.  

Itulah beberapa makanan yang wajib dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Agar janin tumbuh sehat dan berkembang dengan baik konsumsi makanan yang disarankan. Walaupun terkadang tidak ada selera makan, usahakan mengkonsumsi makanan-makanan yang telah disebutkan di atas ya.


EmoticonEmoticon