Tuesday, September 11, 2018

Persoalan kesehatan sangat sering terjadi, termasuk masalah muskuloskeletal (otot, tulang, tulang belakang, sendi). Jika mengalaminya, penanganan secara medis melalui ahli ortopedi, dr. Lee Woo Guan, sangat tepat sebagai pilihan. Anda bisa berkonsultasi secara khusus sesuai keluhan yang dialami melalui 5 tahap konsultasi ortopedi berikut ini. 

dr. Lee Woo Guan

1.    Introduction
Tahap pertama dalam konsultasi ortopedi adalah pengenalan atau introduction. Dalam tahap ini, terdapat proses wawancara kepada pasien mengenai keluhan muskuloskeletal yang dialami. Dokter memberikan pertanyaan kepada pasien meliputi gejala yang dialami, kapan pertama kali mengalami gejala tersebut, serta apakah telah mengonsumsi obat sebelumnya.

Riwayat kesehatan Anda juga akan diperiksa sebagai data kondisi pasien. Dokter juga akan memeriksa Anda kembali guna mengetahui kondisi terkini pasien. Hasil pemeriksaan, data riwayat kesehatan, dan keterangan pasien kemudian dikumpulkan sebagai sumber untuk mendiagnosis penyakit yang dialami.

2.    Preparation
Setelah melalui tahap introduction, pasien akan dijelaskan mengenai tahap preparation. Pada tahap ini, dokter ortopedi memberikan pemeriksaan lebih lanjut terkait penanganan terhadap gangguan muskuloskeletal yang dialami pasien.

Setelah dilakukan pemeriksaan, penanganan lebih lanjut adalah melakukan operasi atau bedah. Dokter juga mempersiapkan seluruh peralatan, bahan, serta tim medis untuk melakukan bedah. Pasien juga diwajibkan menjaga kesehatan dengan menjalani gaya hidup sehat. Seminggu sebelum operasi, pasien juga harus menghentikan konsumsi obat.
Pihak rumah sakit akan memberitahukan mengenai waktu pelaksanaan, tempat operasi, hingga teknis pelaksanaan operasi. Anjuran untuk beristirahat juga harus Anda patuhi agar kondisi tubuh prima, sehingga operasi dapat berjalan lancar tanpa halangan.

3.    Procedure
Tahap selanjutnya adalah penjelasan mengenai prosedur operasi. Dr. Lee Woo Guan sebagai dokter ternama di bidang ortopedi sudah berpengalaman melakukan bedah, sehingga Anda tak perlu cemas. Prosedur yang dijalankan sudah sesuai dan terstandardisasi dengan tidak melanggar kode etik. Anda juga diberi pilihan anestesi untuk keperluan operasi.
4.    Recovery
Setelah melakukan bedah, selanjutnya Anda dijelaskan mengenai tahap recovery atau penyembuhan. Dalam tahap ini, setiap pasien dirawat di ruang pemulihan untuk ditangani lebih lanjut oleh dokter ortopedi. Setelah operasi, Anda akan diberikan obat pereda nyeri dan diberi latihan pernapasan sebagai pencegahan komplikasi pasca operasi.

Setelah pulih dari anestesi, Anda akan dikembalikan ke ruang perawatan sampai benar-benar sehat kembali. Di ruang perawatan, Anda dianjurkan untuk beristirahat dan melakukan latihan gerak, kecuali pada bagian yang dioperasi. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi anggota gerak setelah mengalami tindakan anestesi.

5.    Rawat Jalan
Rawat jalan merupakan tahap akhir dari semua pelayanan konsultasi ortopedi. Anda dapat mengetahui secara detail mengenai rawat jalan. Setelah menjalani operasi dan keadaan sudah kembali sehat, para pasien ortopedi tetap masih harus menjalani kontrol kesehatan. Sistem rawat jalan akan berlaku dan Anda akan diberikan jadwal kontrol dengan dokter ahli.

Semua tahap konsultasi ortopedi tersebut sangat membantu Anda dalam mengatasi keluhan seputar muskuloskeletal. Dr. Lee Woo Guan yang berpengalaman di bidang ortopedi memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pasiennya. Setiap tahap penanganan terjamin keamanan serta akan ditangani secara tuntas. Jadi, atasi keluhan Anda pada ahlinya.


EmoticonEmoticon