Tuesday, February 05, 2019

Kerja Part Time

Kerja part time bukan lagi hal yang aneh dilakukan oleh mahasiswa atau pelajar. Di sela waktu belajar dan kegiatan lainnya, kerja part time menjadi salah satu cara untuk mengisi waktu luang. Walaupun jadwal padat merayap tapi banyak juga mahasiswa yang memilih untuk melakukan kerja paruh waktu. Tak hanya karena uang namun juga karena alasan lainnya.

Ada banyak sekali jenis pekerjaan paruh waktu yang bisa dilakukan oleh mahasiswa saat ini. Mulai dari bekerja paruh waktu di restoran sebagai pelayan atau kasir, bekerja di toko buku, bekerja sebagai customer service, dan lain sebagainya. Beragam jenis pekerjaan paruh waktu menjadi pilihan bagi mahasiswa yang ingin mengisi waktu luang mereka.

Banyak orang tua yang merasa cemas jika anaknya berkuliah sambil bekerja paruh waktu. Padahal sebenarnya ada banyak manfaat atau hal positif yang bisa didapatkan dari kegiatan kerja paruh waktu ini. Tak hanya rasa lelah dan waktu yang tersita, namun ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan oleh mahasiswa yang bekerja paruh waktu.

Keuntungan Kerja Part Time
Sesuai dengan namanya, kerja paruh waktu merupakan jenis pekerjaan yang dilakukan tidak secara penuh. Artinya, pekerjaan ini masih dilakukan sembari tetap melakukan aktivitas utama yaitu berkuliah. Jika pandai mengatur waktu, pasti aktivitas antara bekerja paruh waktu dan kuliah bisa berjalan beriringan dan sama-sama memberikan manfaat.

Apa saja keuntungan dari bekerja part time? Berikut adalah 5 keuntungan kerja part time yang bisa dirasakan oleh para mahasiswa :

1. Koneksi Semakin Luas
Dengan bekerja paruh waktu maka anda bisa memperluas koneksi anda. Mahasiswa yang bekerja paruh waktu biasanya akan memperoleh banyak kenalan. Lingkup pertemenanan anda kini jadi bertambah tak hanya di kampus saja. Anda bisa berkenalan dengan banyak orang dan hal ini juga membantu melatih kemampuan anda dalam berkomunikasi dengan orang lain. 

2. Melatih Keterampilan
Bekerja paruh waktu bisa membantu melatih keterampilan anda. Mungkin untuk yang satu ini memang perlu disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang dihadapi. Namun, pada dasarnya bekerja paruh waktu akan membuat tangan-tangan anda menjadi lebih terampil dan gesit. Jika nanti anda lulus kuliah, dijamin anda sudah memiliki bekal terampil.

3. Memperkenalkan Dunia Kerja
Pekerjaan paruh waktu membuat kita mendapatkan gambaran seperti apa dunia kerja itu. Meskipun statusnya adalah pekerja paruh waktu, namun pengalaman yang didapat sudah seperti layaknya bekerja full. Anda bisa melihat dan paling tidak akan paham seperti apa dunia kerja itu dan tahu bagaimana cara menghadapinya besok saat sudah lulus kuliah..

4. Melatih Manajemen Waktu
Salah satu tantangan saat bekerja paruh waktu adalah manajemen waktu. Jika anda masih kuliah maka sangatlah penting untuk mengatur waktu anda. Kemampuan untuk mengatur waktu ini bisa dilatih jika anda bekerja paruh waktu ketika masih kuliah dan akan bermanfaat setelah lulus kuliah nanti..

5. Melatih Mengatur Uang Sendiri
Karena anda bekerja dengan tenaga dan usaha sendiri maka anda berhak menikmati hasil jerih payah anda tersebut. Jika sudah tiba waktunya menerima gaji maka anda bisa berlatih mengatur uang anda sendiri. Kebiasaan mengatur uang dengan baik ini akan terbawa sampai anda benar-benar memasuki dunia kerja.

Itulah tadi beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika anda mengambil kerja paruh waktu di masa kuliah. Sebenarnya, tidak ada salahnya mencoba untuk bekerja paruh waktu ketika kuliah. Walaupun terlihat sulit tapi sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengambil kerja part time.


EmoticonEmoticon