Wednesday, September 11, 2019

Tips Anak Rajin Belajar
 sumber : kumparan.com
                                               
Anak-anak dengan usia dini memang sedikit sulit menyuruh mereka untuk belajar. Hal ini terjadi karena anak-anak belum memahami apa sebenarnya manfaat belajar. Tetapi, kalau kesulitan seperti itu terjadi oleh anak-anak yang seharusnya mereka sudah mengerti manfaat dari belajar dan untuk kamu para orang tua harus berperan. Orang tua harus memiliki berbagai macam cara supaya dapat mendongkrak semangat mereka untuk belajar. 

Anak-anak yang sulit belajar bisa berubah jika para orang tua mendidik atau memotivasi dengan benar. So, bagaimana caranya? Nah, berikut ini cara memotivasi anak-anak supaya rajin belajar yang bisa kamu coba mulai sekarang!  

Berikan mereka waktu untuk melakukan hobi

Hobi Anak
  sumber : hobbygatha.blogspot.com
                                     
Belajar memang sangat penting, namun melakukan hal yang kita sukai juga tidak kalah penting. Sekolah, pekerjaan rumah (PR) dan les memang membuat tekanan pada anak. Apabila kamu memforsir mereka untuk belajar setiap harinya, maka anak kamu bisa stres. Hal tersebut sangat disayangkan karena usia anak masih muda. 

Salah satu cara untuk memotivasi anak-anak supaya rajin belajar yaitu, memberikan mereka waktu untuk melakukan hobinya, sebab keseimbangan hobi dan belajar bisa membuat keefektifan belajar meningkat. 

Tidak fokus pada nilai  


                                                     sumber : poskotanews.com

Setiap anak pasti berbeda-beda. Mereka mempunyai kecerdasaan dan skill masing-masing di bidang yang berbeda juga. Oleh sebab itu, kamu sebagai orang tua jangan langsung menghakimi dan memarahi anak saat mendapat nilai matematika jelek. Barangkali anakmu memang memiliki kesulitan pada hitung-hitungan, tetapi mungkin saja ia cerdas di bidang lain. Misalnya, di bidang ilmu sosial, ilmu agama, ilmu pengetahuan alam atau olahraga. 

Jika kamu sampai memarahi anak hanya karena salah satu mata pelajarannya terdapat nilai yang jelek, maka hal tersebut bisa membuat anak down atau putus asa. Seharusnya, kamu sebagai orang tua harus turun tangan dan bantu anakmu saat dia sedang kesulitan dengan pelajaran matematika serta pantau anak bagaimana perkembangannya. 

Untuk memotivasi anak-anak supaya rajin belajar, jangan fokuskan mereka pada nilai yang tinggi tapi fokuskan pada perkembangan cara belajarnya. Atau kamu bisa putarkan video-video edukasi yang bermotivasi lewat smartphone, laptop atau kamu bisa menggunakan tab, contoh seperti tab Xiaomi dan tab Samsung. Untuk harga tab Samsung maupun Xiaomi kamu bisa mengeceknya di online shop favorit kamu. 

Menggunakan tab sangat praktis, karena mempunyai layar yang besar dan tidak ribet seperti laptop.

Buatlah struktur belajar yang baik 

struktur belajar yang baik
                                                            sumber : teras.id

Agar anak-anak dapat termotivasi untuk belajar dengan rajin dan baik, kamu bisa terapkan pola kedisiplinan. Misal, membuatkan jadwal belajar pada anak karena untuk memulai kebiasaan yang baru kuncinya cuma satu, yakni disiplin. 

Saat berada dalam waktu belajar kamu harus tegaskan tidak ada kegiatan lain selain belajar. Contohnya kamu tidak memperbolehkan mereka bermain game.   

Bukan hanya itu saja, kamu juga harus melarang anak untuk bermain smartphone atau gadget bila keseringan. Jika kamu menerapkan hal itu, tentunya anak kamu makin termotivasi. 

Masuk ke kehidupannya 


                                            sumber : parenting.orami.co.id

Banyak sekali alasan kenapa anak malas sekali untuk belajar, bisa jadi anak kamu kesulitan untuk menerima dalam pelajaran. Maka dari itu, jangan sesekali memarahi anak saat dia sedang malas belajar. 

Kamu sebagai orang tua harus bisa masuk dalam kehidupannya. Cari tahu kenapa anak kamu tidak suka pelajaran A, B, C atau D. Mungkin ada masalah pada gurunya atau kesulitan yang lain? Jika benar, kamu bisa mencari solusinya supaya masalah tersebut bisa teratasi. 

Saat dia mulai bosan dengan belajar kamu bisa memberikan sedikit hiburan seperti, bermain game yang mengandung edukasi lewat tablet. Kenapa harus tablet? Karena menggunakan tablet lebih jelas dengan layarnya yang luas contoh seperti tablet Lenovo atau Samsung. Jika kamu berminat untuk membeli tablet si buah hati agar tidak bosan, kamu bisa membeli langsung di toko-toko gadget atau kamu bisa membeli lewat online shop kesayanganmu dengan harga tablet Samsung dan Lenovo yang mungkin lebih murah. 
Tapi perlu diingat! Kamu harus buat jadwal untuk anakmu hari apa saja yang boleh bermain gadget dan yang tidak boleh. 

Berikan dukungan 


                                                       sumber : digikidz.id

Memberi dukungan mungkin hal yang sederhana. Meski begitu, memberi dukungan mempunyai pengaruh yang besar terhadap pola pikir anak. Oleh sebab itu, dukunglah anakmu dalam hal apapun untuk meraih cita-citanya. 

Demikian Artikel tentang motivasi agar anak rajin belajar tanpa terpaksa, sebagai orang tua kamu juga perlu memiliki trik cara mendidik agar dia tidak malas belajar. Kamu juga bisa mencoba satu persatu cara yang diatas. Semoga artikel kami bermanfaat! 

1 comments:


EmoticonEmoticon